Translate

Thursday, November 29, 2018

Sejarah Hidup Stephen Hlillenburg


       

      
       Hallo teman-teman kali ini saya akan membahas SEJARAH HIDUP STEPHEN HILLENBURG. Stephen McDannell Hillenburg (lahir 21 Agustus 1961 – meninggal 26 November 2018 pada umur 57 tahun). Stephen Hillenburg meninggal dikarenakan penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) yang menyerang sel-sel otak. Stephen Hillenburg telah menderita penyakit ALS sejak 2017. Soal penyakit itu, Stephen sempat mengungkapkannya saat ia mengatakan kontrak kerjanya sebagai kreator Spongebob dengan Nickelodeon.

"Aku ingin semua orang mengetahui langsung dariku, jika aku telah didiagnosa menderita penyakit ALS," ungkapnya waktu itu.

"Semua orang yang mengetahui aku pasti tahu bahwa aku akan tetap melanjutkan pekerjaanku dalam Spongebob Squarepants selama aku mampu. Keluargaku dan aku sangat bersyukur atas curahan cinta dan dukungan yang kalian beri," ucap Stephen.

Berikut ini adalah pembahasan lengkap tentang SEJARAH HIDUP STEPHEN HILLENBURG.



Stephen Hillenburg adalah animator, penulis, produsen, aktorpengisi suara aktor, dan direktur Amerika Serikat yang paling diketahui karena membuat seri animasi SpongeBob SquarePants. Lahir di Lawton, Oklahoma, Hillenburg pindah ke Orange County, California ketika berumur satu tahun. Dia dibesarkan di Anaheim, California dan mengikuti Humboldt State University, mendapatkan gelar dalam interpretasi dan perencanaan sumber daya laut pada 1984. Dia mengikuti California Institute of the Arts (CalArts) pada 1992 untuk membantu karier animasi. Hillenburg memiliki beberapa pekerjaan sebelum berkarier sebagai guru biologi laut. Selama tiga tahun di akhir 1980-an, Hillenburg mengajar biologi laut di Ocean Institute di Dana Point. Beberapa tahun setelah lulus dari CalArts, Hillenburg bertemu Joe Murray, pembuat Rocko's Modern Life dan ditawarkan pekerjaan sebagai sutradara seri. Dia kemudian bergabung dengan acara itu sebagai penulis, produser, dan seniman papan cerita pada musim ketiganya, dan meneruskannya untuk sebagian besar musim keempat. Dia mulai mengembangkan SpongeBob SquarePants menjadi seri televisi pada 1996 setelah penghentian Rocko's Modern LifeSpongeBob SquarePants pertama ditayangkan pada 1 Mei 1999, dan telah menayangkan 356 episode. Hillenburg menyutradarai film berdasarkan seri The SpongeBob SquarePants Movie. Setelah film selesai, dia berhenti mengerjakan acara dan menunjuk Paul Tibbitt sebagai showrunner seri. Hillenburg sedang mengerjakan sekuelnya sebagai produser eksekutif dan penulis. Pada 2009, dia mengatakan bahwa dia sedang mengembangkan dua proyek TV lain. Hillenburg telah memenangkan satu Emmy Award dan enam Annie Award untuk SpongeBob SquarePants. Dia juga telah mendapat penghargaan lain, termasuk penghargaan Walk the Talk dari Heal the Bay untuk usahanya dalam meningkatkan kesadaran kehidupan laut melalui SpongeBob SquarePants, dan Television Animation Award dari National Cartoonists Society. Pada 2002, dia mendapat Statue Award dalam film dari Princess Grace Foundation.

Awal Kehidupan Dan Edukasi
Stephen Hillenburg dilahirkan di pos United States Army Fort Sill di Lawton, Oklahoma pada 21 Agustus 1961. Ayahnya adalah draftsman dan desainer untuk perusahaan dirgantara aerospace termasuk McDonnell Douglas dan Rockwell Collins dan telah berkontribusi pada Program Apollo. Ibunya mengajari murid yang memiliki gangguan pengelihatan. Hillenburg berkata bahwa dia mendapat kemampuan seni dari sisi maternal, dan memberitahu bahwa neneknya "sangat, sangat berbakat" dan seorang "pelukis hebat." Adiknya mengikuti jejak ayah mereka, dan menjadi draftsman dan desainer. Dengan keluarganya, Hillenburg pindah ke Orange County, California pada 1962, ketika dia masih setahun. Dia tumbuh di Anaheim, California, dimana dia mendapat edukasi sekunder di Savanna High School. Hillenburg merupakan pecandu band di sekolah tinggi, memainkan terompet.
Kegemaran Hillenburg pada kehidupan laut sudah tumbuh sejak kecil, ketika dia menonton beberapa film yang dibuat oleh ahli laut Prancis Jacques Cousteau. Ketika di perpustakaan pada 1970-an, dia melihat gambar hitam putih tentang menyelam, dan dia "sangat terbenam." Ketika berumur 15, dia snorkeling untuk pertama kali di Laguna Beach dan melihat "semua berwarna" pengalaman itu mendorong keputusannya untuk mempelajari kehidupan laut ketika kuliah. Beberapa tahun setelah lulus Humboldt State University, dia mendapat gelar sarjana dalam interpretasi dan perencanaan sumber daya laut pada 1984. Ketika di Humboldt, dia mendapat pelajaran seni tambahan, dan membuat barang pameran di museum. Hillenburg berkata "Saya berkembang menjadi pelukis di Humboldt."
Setelah menikmati seni, dia mengikuti program magister dalam animasi eksperimental di California Institute of the Arts (CalArts) pada 1992. Hillenburg berkata "Awalnya saya pikir saya berasumsi bahwa jika saya pergi ke sekolah untuk seni saya tidak akan pernah memiliki cara untuk mencari nafkah, jadi saya pikir mungkin lebih cerdas untuk menjaga gairah dan hobi seni hobi saya dan belajar sesuatu yang lain. Tapi pada saat aku sampai di akhir pekerjaan mahasiswa sarjana saya, saya menyadari bahwa saya harus ikut seni." Dia memberitahu pada 1970-an, ketika masih kanak-kanak, dia dibawa ke festival International Tournée of Animation di Los Angeles County Museum of Art, dan bertemu animator Belanda Paul Driessen dengan kartun The Killing of An Eggnya. Hillenburg berkata bahwa "Itu adalah film yang saya pikir secara unik aneh dan yang bersarang di kepala saya dengan sendirinya sejak dini. Saya tertarik untuk merancang seluruh hidup saya. Aku tak tahu-itu tidak membantu saya sampai kemudian, ketika saya menemukan kembali Driessen." Dia lulus dari institut pada 1993, mendapat gelar Master of Fine Arts dalam animasi eksperimental.

Karier Awal
Hillenburg memiliki beberapa pekerjaan termasuk park service di Utah dan penata seni di Bayview-Hunters Point, San Francisco sebelum mendapat pekerjaan yang dia inginkan, yaitu mengajar biologi laut. Dia juga bekerja sebagai koki di rumah makan siap saji. Setelah lulus kuliah, Hillenburg mengajar biologi laut di Ocean Institute untuk tiga tahun dari 1984 sampai 1987 di Dana Point dan tinggal di Dana Point Marina. Pada waktu itu, Hillenburg merasakan bahwa dia lebih tertarik dalam membuat seni daripada mengajar sains.
Ketika bekerja di Ocean Institute, Hillenburg menulis buku komik berjudul The Intertidal Zone, yang dia gunakan unutuk mengajari muridnya tentang kehidupan hewan kolam pasang. Komik ini berisi banyak jenis antropomorfik dari kehidupan laut, yang beberapa dari itu menjadi karakter SpongeBob SquarePants, termasuk "Bob the Sponge", yang merupakan co-host dari komik dan berbentuk spons laut, tidak seperti SpongeBob SquarePants yang berbentuk spons dapur. Hillenburg mencoba membuat komiknya diterbitkan secara professional, tetapi perusahaan yang dia kirim tidak tertarik.
Pada 1987, Hillenburg meninggalkan institut untuk mengejar impiannya menjadi animator. Dia akhirnya mengikuti CalArts pada 1992, dan diterima Jules Engel, yang terkesan dengan karya Hillenburg. Dia mulai membayangkan ide proyek yang berisi sekumpulan kehidupan laut antropomorfik. Meski dia telah menggambar beberapa sketsa konsepnya, perlu hampir satu dekade sebelum dia melihatnya menjadi kenyataan.

Kehidupan Pribadi
Hillenburg menikah dengan Karen, koki yang mengajar di sekolah memasak. Pasangan ini memiliki anak bernama Clay (lahir 1998). Hillenburg pernah tinggal di Pasadena, California, dan sedang tinggal bersama keluarganya di San Marino di California Selatan. Hobinya adalah berselancarsnorkelingselam scuba dan memainkan "musik rock yang berisik" di gitarnya. Dia juga melukis "seascape nyata" berdasarkan "sesuatu yang terjadi" dan berkata bahwa "ada sesuatu yang pribadi tentang itu." Hillenburg adalah fan besar band Australia Tame Impala Dia memanggil mereka "anak muda ini menginvestigasi ulang rock psychedelic, dan itu tidak terlihat ironik." Berdasarkan koleganya, Hillenburg adalah "seorang pekerja keras perfeksionis." Kenny memanggilnya "peselancara/seniman/animator/biologis laut manis, penuh perasaan ini."  Julia Pistor, produser The SpongeBob SquarePants Movie dan wakil presiden senior Nickelodeon Movies, berkata bahwa "Dia sangat pemalu. Dia tidak ingin orang-orang tahu tentang kehidupan atau keluarganya. Dia sangat lucu, orang bersahaja dengan rasa humor kering yang memilih keluarganya dulu dan menjaga kami pada kaki kami dalam menjaga integritas perusahaan kami." Hillenburg menganggap Jules Engel (1909–2003), mentornya di CalArts, sebagai "Ayah Seni"nya. Hillenburg diterima Engel ke dalam institut karena dia terkesan dengan karya Hillenburg. Dalam produksi The SpongeBob SquarePants Movie, Engel meninggal pada umur 94. Hillenburg memutuskan untuk mendedikasikan film itu untuk mengenangnya dan berakta bahwa "Dia benar-benar adalah orang artistik paling berpengaruh dalam hidupku."

Penyakit Dan Kematian
Pada Maret 2017, Hillenburg mengungkapkan kepada majalah Variety bahwa ia telah didiagnosis dengan penyakit sklerosis lateral amiotrofik (penyakit mematikan yang mempengaruhi dan menyebabkan kematian neuron yang mengendalikan otak dan sumsum tulang belakang). Hillenburg merilis sebuah pernyataan di mana dia mengatakan bahwa dia akan terus bekerja pada SpongeBob SquarePants "selama dia mampu". Dia juga menambahkan "Keluarga saya dan saya berterima kasih atas curahan cinta dan dukungan. Kami meminta agar permintaan tulus kami untuk privasi dihormati selama waktu ini." Pada saat itu, Hillenburg berada di tahap awal penyakit, menurut sumber yang dekat dengannya. Kabar kematiannya telah dikonfirmasi oleh pihak Nickelodeon melalui cuitan akun Twitternya pada Rabu, 28 November 2018 Kami sedih untuk berbagi berita tentang meninggalnya Stephen Hillenburg, pencipta SpongeBob SquarePants. Hari ini, kami menyaksikan momen sunyi untuk menghormati kehidupan dan pekerjaannya.  Hillenburg meninggal dunia pada 26 November 2018 akibat komplikasi dari sklerosis lateral amiotrofik.

Nah jadi itu lah Sejarah Hidup Stephen Hillenburg yang telah kami rangkum, semoga bermanfaat  dan bisa menambah wawasan pengetahuan teman-teman.









No comments:

Post a Comment