Hallo teman-teman kali
ini saya akan membahas SEJARAH AWAL BERDIRI NYA
TOYOTA. Untuk sebagian besar orang Indonesia, mungkin
baru mengenal mobil Toyota saja tanpa mengetahui bagaimana produsen mobil
terbesar di dunia ini berdiri pada
mulanya, dari industri tekstil sampai sukses mendirikan perusahaan mobil
terbesar di dunia. Berikut
ini adalah pembahasan lengkap tentang SEJARAH
AWAL BERDIRINYA TOYOTA.
Toyota Motor Corporation (TMC) adalah
sebuah pabrikan mobil yang berasal dari Jepang, yang berpusat di Toyota, Aichi. Saat ini, Toyota
merupakan pabrikan penghasil mobil terbesar di dunia. Di samping memproduksi mobil, Toyota juga memberikan
pelayanan finansial, dan juga membuat robot. TMC merupakan
anggota dari Grup Toyota dan
memproduksi mobil dengan merek Toyota, Lexus dan Scion, Daihatsu dan Hino, dan memiliki sebagian kecil saham Subaru dan Isuzu. Toyota Motor
Corporation didirikan pada September 1933 sebagai divisi
mobil Pabrik Tenun Otomatis Toyoda. Divisi mobil perusahaan tersebut kemudian
dipisahkan pada 27 Agustus 1937 untuk
menciptakan Toyota Motor Corporation seperti saat ini. Berangkat dari industri tekstil, Perusahaan yang memproduksi 1
mobil tiap 50 menit ini ternyata menggunakan penamaan Toyota lebih karena
penyebutannya lebih enak daripada memakai nama keluarga pendirinya, Toyoda.
Inilah beberapa tonggak menarik perjalanan Toyota. Toyota merupakan pabrikan mobil terbesar di
dunia dalam unit sales dan net sales. Pabrikan terbesar di Jepang ini
menghasilkan 8-8,5 juta unit mobil di seluruh dunia tiap tahunnya. Dibandingkan dengan industri-industri
otomotif lain yang menggunakan nama pendirinya sebagai merek dagang
seperti Honda yang
didirikan oleh Soichiro Honda, Daimler-Benz (Gottlieb
Daimler dan Karl Benz), Ford (Henry Ford),
nama Toyoda tidaklah dipakai sebagai merek. Karena berangkat dari pemikiran
sederhana dan visi waktu itu, penyebutan Toyoda kurang enak didengar dan tidak
akrab dikenal sehingga diplesetkan menjadi Toyota. Sakichi Toyoda lahir pada bulan
Februari 1867 di Shizuoka, Jepang. Pria ini dikenal sebagai penemu sejak berusia belasan
tahun. Toyoda mengabdikan hidupnya mempelajari dan mengembangkan perakitan
tekstil. Dalam usia 30 tahun Toyoda menyelesaikan mesin tenun. Ini kemudian
mengantarnya mendirikan cikal bakal perakitan Toyota, yakni Toyoda Automatic
Loom Works, Ltd. pada November 1926. Di
sini hak paten mesin tekstil otomatisnya kemudian dijual kepada Platt
Brothers & Co, Ltd. dari Inggris, Britania Raya.
Hasil penjualan paten ini, dijadikan modal pengembangan divisi otomotif. Mulai
tahun 1933, ketika Toyoda membangun divisi otomotif, tim yang kemudian banyak
dikendalikan oleh anaknya Kiichiro
Toyoda, tiada henti menghasilkan inovasi-inovasi terdepan di
zamannya. Mesin Tipe A berhasil dirampungkan pada 1934. Setahun kemudian mesin
ini dicangkokkan prototipe pertama mobil penumpang mereka, A1. Divisi otomotif
Toyoda juga menghasilkan truk model G1. Pada
tahun 1936 mereka meluncurkan mobil penumpang pertama mereka, Toyoda AA (kala itu
masih menggunakan nama Toyoda). Model ini dikembangkan dari prototipe model A1
dan dilengkapi bodi dan mesin A. Kendaraan ini dari awal diharapkan menjadi
mobil rakyat. Empat tahun menunggu
dirasa cukup melahirkan perusahaan otomotif sendiri dan melepaskan diri dari
industri tekstil mereka. Kemudian tahun 1937 mereka meresmikan divisi otomotif
dan memakai nama Toyota, bukan Toyoda seperti nama industri tekstil.
Pengambilan nama Toyota dalam bahasa Jepang terwakili
dalam 8 karakter, dan delapan adalah angka keberuntungan bagi kalangan
masyarakat Jepang. Alasan lain yang dianggap masuk akal adalah industri
otomotif merupakan bisnis gaya hidup dan bahkan penyebutan sebuah nama (dan
seperti apa kedengarannya), menjadi sisi yang begitu penting. Karena nama
Toyoda dianggap terlalu kaku di dalam bisnis yang dinamis sehingga diubah
menjadi Toyota yang dirasa lebih baik. Tak ayal, tahun 1937 merupakan era
penting kelahiran Toyota Motor Co, Ltd. cikal bakal raksasa Toyota Motor Corp
(TMC) sekarang.Dan pada tahun 1938, didirikan Koromo Plant di Jepang (sekarang
bernama Honsha plant) yang merupakan Toyota's Establishment Exhibit Room. Plant
ini disusun berdasarkan teori Just In Time dan
dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti asrama, rumah sakit, dan toko. Semangat inovasi Kiichiro
Toyoda tidak pernah redup. Toyota kemudian berkembang menjadi
penghasil kendaraan tangguh. Di era 1940-an, Toyota sibuk mengembangkan
permodalan termasuk memasukkan perusahaan di lantai bursa di Tokyo, Osaka dan Nagoya.
Pada tahun 1947, penjualan mobil Toyota di dalam negeri sudah mencapai 100.000
kendaraan. Setelah era Perang Dunia
II berakhir, tahun 1950-an merupakan pembuktian Toyota sebagai
penghasil kendaraan serba guna tangguh. Waktu itu kendaraan Jeep akrab di Jepang.
Terinspirasi dari mobil ini, Toyota kemudian mengembangkan prototipe Land
Cruiser yang keluar tahun 1950. Pada tahun yang sama pula Toyota mendirikan
Toyota Motor Sales co., Ltd, anak perusahaan Toyota Motor Co., Ltd yang
menangani penjualan, pemasaran dan distribusi Toyota. Setahun kemudian
meluncurkan secara resmi model awal Land Cruiseryakni model BJ. Bulan Juli tahun itu, test drivernya
Ichiro Taira mengakhiri uji coba dengan hasil luar biasa. Diinspirasi oleh
tokoh Samurai Heikuro Magaki yang
mendaki Gunung Atago di atas
kuda tahun 1643, Taira mengemudikan Toyota BJ-nya ke kuil Fudo di
kota Okasaki. Ini sekaligus
dipakai sebagai promosi ketangguhan mobil segala medan ini. Tak lama berselang,
Toyota Land Cruiser mulai menandingi dominasi Jeep Willys. Bahkan dengan
model-model selanjutnya, Toyota Land Cruiser bisa diterima di pasar
yang kala itu sulit ditembus yakni Amerika Utara. Lewat model ini, Toyota masuk
ke pasar-pasar di berbagai belahan dunia, Termasuk di Indonesia yang dikenal
sebagai sebagai Toyota Hardtop Land Cruiser FJ40/45. Di Afrika,
model-model Toyota Land Cruiser ini digunakan sebagai Technical alias
jip bersenjata yang dibekali senapan mesin ringan, berat atau bahkan senjata
basoka tanpa tolak balik (Recoilless bazooka) dan diterjunkan sepanjang
konflik-konflik bersenjata dengan kinerja sangat tangguh. Toyota tidak hanya dikenal melalui
Toyota Land Cruiser. Mereka juga mengembangkan model yang menjadi favorit
dunia, sedan kecil. Pada tahun 1961, Toyota mengeluarkan model Publica dan lima
tahun kemudian meluncurkan model Corolla. Lewat Toyota
Corolla yang memulai debutnya pada tahun 1966, sedan mungil
generasi awal ini memakai penggerak belakang mengubah tatanan sedan bongsor
yang populer saat itu menuju arah sedan kecil yang kompak, irit dan ringkas.
Memasuki tahun 1975, Corolla masuk dalam generasi ketiga dan terjual lebih dari
5 juta unit. Hal yang menakjubkan ini masih kokoh hingga sekarang. Mesin mobil
Corolla ini kemudian digunakan di Indonesia sebagai mesin untuk kendaraan niaga
keluarga serbaguna, Toyota Kijang generasi awal yang dikenal
sebagai Kijang Buaya. Sejalan
makin mengglobalnya produk Toyota, mereka sadar tidak mempunyai grafik logo.
Bahkan di Indonesia dijumpai kendaraan bermerk Toyota seperti Toyota Kijang
dengan logo TOYOTA pada grill di bagian bonnet (hidung) mobil.
Pada tahun 1989 Toyota akhirnya memutuskan untuk membuat dua lingkaran oval (elips) yang menghasilkan
huruf T dan ellips ketiga mengisyaratkan akan the
spirit of understanding in design. Lingkaran ketiga itu sekaligus
mengelilingi kedua lingkaran ellips sebelumnya yang berbentuk T itu sebagai
bukti menjaga dan memengaruhi sekelilingnya.
Pada tahun 1990-an, Toyota semakin
membuktikan bahwa mobil Jepang dapat bersaing dengan mobil Eropa dan
Amerika. Toyota Celica berhasil menjadi juara rally
dunia, dan Toyota Camry menjadi mobil paling laris di
Amerika.
Tahun 1999 Toyota mengakuisisi 51,19% saham Daihatsu dan
pada tahun 2001 Toyota membeli 50,11% saham Hino.
Beberapa
model truk dan mobil yang diproduksi dalam kurun waktu 1935-1947 adalah:
Toyoda Model G1 Truck 1935
Toyota Model GB truck 1938
Toyoda Model G1 Truck 1935
Toyota Model GB truck 1938
Toyota Model AE (Shin-Nihon-Go) 1939
Toyopet Model SA small passenger car 1947
Toyota Model AE (Shin-Nihon-Go)" 1939
"Toyopet Model SA small passenger car 1947
Toyopet Model SB small truck 1947
Toyota Model BM truck 1947
Toyopet Model SB small truck 1947
Toyota Model BM truck 1947
Toyoda Model G1 Truck 1935
Toyota Model GB truck 1938
Toyoda Model G1 Truck 1935
Toyota Model GB truck 1938
Toyota Model AE (Shin-Nihon-Go) 1939
Toyopet Model SA small passenger car 1947
Toyota Model AE (Shin-Nihon-Go)" 1939
"Toyopet Model SA small passenger car 1947
Toyopet Model SB small truck 1947
Toyota Model BM truck 1947
Toyopet Model SB small truck 1947
Toyota Model BM truck 1947
Toyota
juga mempunyai merk baru bernama Lexus. Dimulai pada
rapat rahasia petinggi Toyota tahun 1983. Presiden Toyota saat itu, Eiji
Toyoda, mengemukakan pendapatnya agar Toyota memproduksi mobil mewah, yang
kemudian proyeknya bernama "Proyek F1". Tahun 1989, mobil itu berwujud Lexus LS 400 yang
diperkenalkan di North American International Auto Show tahun 1989. Konsep penamaan lain ini melepaskan diri
dari image mobil rumahan tangguh, membuat Lexus mudah diterima di pasar Amerika Serikat. Kalangan pengamat
otomotif mengatakan ketika berada di dalam mobil Lexus, orang akan lupa kalau
itu buatan Toyota (Jepang), pabrikan mobil yang usaha awalnya berangkat dari
industri tekstil.
Nah jadi itu lah Sejarah Awal Berdirinya Toyota yang telah kami rangkum, semoga bermanfaat
dan bisa menambah wawasan pengetahuan teman-teman.
No comments:
Post a Comment